sprinkle

Kamis, 06 Oktober 2011

MANAJEMENT dan ORGANISASI

Pengertian Manajement dan Organisasi

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Management merupakan ilmu dan seni yang merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi cara kerja manusia dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, manajemen belum memiliki arti yang tepat dan diterima secara keseluruhan. Pengertian manajemen hanya di dapat dari para ahli saja yang menyimpulkan tentang kegiatan manajemen.
Sebelum adanya kegiatan manajemen, diperlukan suatu sarana yang disebut organisasi. Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh pimpinan dengan struktur organisasi yang digunakan pada perusahaan tersebut. Dengan adanya manajemen yang baik dari suatu organisasi, maka organisasi atau perusahaan tersebut dapat mencapai tujuan yang maksimal.

Fungsi-Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam suatu perusahaan. Ada beberapa pendapat dari para penulis tentang fungsi manajemen.
- Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
- Ernest Dale : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating,
Representing, Controlling.
- George Terry : Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
- Luther Gullier : Planning, Organizing, Staffing, Directing,
Coordinating, Reporting, Budgeting.

Bentuk Bagan Struktur Organisasi

Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukkan suatu tingkatan organisasi. Menurut Keith Davis ada beberapa bagan struktur organisasi, yaitu :
1. Bentuk Vertikal
Bagan vertikal merupakan pelimpahan kekuasaan dari atas kebawah, bagan ini bergambar tegak seluruhnya.


2. Bentuk Horizontal/Mendatar
Bagan mendatar ialah bentuk bagan organisasi yang wewenangnya dari pimpinan sampai pejabat yang terendah disusun dari kiri ke arah kanan atau sebaliknya.


3. Bentuk Piramid
Bagan piramid ini sama seperti bagan vertikal, hanya saja bagan ini memiliki tingkat pimpinan yang sedikit sedangkan para pekerjanya harus banyak.


4. Bentuk Lingkaran
Bagan Lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang bentuk bagan organisasi yang wewenangnya dari pimpinan sampai pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke arah bidang lingkaran.




Cukup sekian dari saya. Semoga bermanfaat..
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar