sprinkle

Minggu, 21 November 2010

SOSIALISASI

Anda pasti sudah tahu apa itu sosialisasi.
SOSIALISASI adalah bergabungnya individu ke dalam suatu komunitas kelompok atau masyarakat.
Tujuan dari sosialisasi adalah :
- Memungkinkan seseorang untuk mengembangkan potensi sisi kemanusiaan, serta cara belajar, berpikir, berbicara, dan bertindak sesuai yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial.
- Sosialisasi juga penting untuk bertahan dalam lingkungan di masyarakat.
- Memungkinkan masyarakat untuk menilai kebudayaannya sendiri dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
- Kebutuhan untuk berkembang di masyarakat.

Mengapa manusia perlu bersosialisasi ????
Ada beberapa hal yang menyebabkan manusia perlu bersosialisasi, yaitu :
~ Sosialisasi sangat diperlukan karena manusia tidak mungkin dapat hidup menyendiri. Pasti membutuhkan bantuan orang lain.
~ Sosialisasi sangat diperlukan, terutama untuk mengantisipasi agar perbedaan dari setiap individu tidak menimbulkan pertentangan. Perbedaan itu harusnya dijadikan potensi untuk melakukan kerjasama antar individu. Artinya, manusia harus dapat hidup rukun di tengah-tengah perbedaan.

Media Sosialisasi :
1. Keluarga
Keluarga adalah media sosialisasi yang paling utama. Berawal dari masa anak-anak, keluarga mengajarkan nilai budaya dan nilai sosial. Keluarga juga merupakan sumber utama yang memberikan dukungan secara emosional.

2. Sekolah
Sekolah mengajarkan keterampilan dan pengetahuan khusus serta mempunyai efek dalam membentuk pandangan pribadi anak, kepercayaan, dan nilai sosial.

3. Media Massa
Salah satu media sosialisasi yang memiliki pengaruh kuat terhadap anak-anak dan orang dewasa adalah media massa. Media massa tersebut dapat berupa alat cetak atau alat elektronik untuk berkomunikasi dengan orang banyak.

Sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat diharapkan berlangsung dalam suasana yang penuh dengan keteraturan. Suasana keteraturan akan tercipta jika setiap individu memahami aturan yang telah disepakati didalam masyarakat. Jadi, agar sosialisasi tersebut dapat berlangsung dalam suasana yang penuh keteraturan, perlu adanya suatu aturan tertentu, yaitu nilai dan norma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar