sprinkle

Minggu, 08 Januari 2012

PERUSAHAAN YANG MEYAKINI PENGEMBANGAN ORGANISASI / BEKERJA SAMA

Kali ini saya akan menulis tentang contoh perusahaan yang meyakini pengembangan organisasi / bekerja sama. Bentuknya bisa berupa Holding Company, Joint Venture, Go Public, ataupun Anak Peristiwa. Tulisan ini saya buat agar para pembaca dapat mengetahui perusahaan apa saja yang meyakini pengembangan organisasi. Saya menyadari bahwa tulisan ini mungkin jauh dari kesempurnaan, untuk itu saya selaku penulis membutuhkan saran ataupun kritik agar dapat menjadi lebih baik lagi. :)


Sebagai suatu perusahaan pasti memerlukan adanya perkembangan untuk suatu perubahan positif bagi perusahaan tersebut. Seperti adanya ide atau gagasan dari setiap karyawan pada suatu perusahaan. Pengembangan organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.

Alasan akan pentingnya pengembangan Organisasi :
- Perubahan adalah pertanda kehidupan,
- perubahan memberikan harapan,
- pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan, dan
- pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru (perubahan).

Dalam pengembangannya perusahaan tersebut memiliki beberapa proses untuk memajukan perusahaannya. Proses tersebut yaitu :
1. Holding Company
Holding company adalah suatu perusahaan yang bertujuan untuk memiliki saham dalam satu atau lebih perusahaan lain atau mengatur satu atau lebih perusahaan lain tersebut. Contoh perusahaan yang melakukan Holding company adalah :
PT Semen Gresik Tbk membentuk perusahaan induk (holding company) bagi Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa. Permodalan Semen Gresik masih yang paling kuat, sedangkan pertumbuhan kinerja Semen Padang dan Tonasa berada di peringkat terbawah sehingga PT Semen Gresik Tbk melakukan Holding company untuk meningkatkan kinerja perusahaannya.

2. Joint Venture
Joint venture adalah bentuk kerjasama antar beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang jauh lebih maksimal. Contoh perusahaan yang melakukan joint venture adalah :
Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) yang merupakan joint venture antara PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dari pihak Indonesia dengan Emaar Properties dari pihak Arab. LTDC bertempat di Indonesia.

3. Go Public
Go Public adalah bentuk pengembangan organisasi dengan cara menjual saham perusahaan ke para investor dan membiarkan saham tersebut diperdagangkan di pasar saham. Contoh perusahaan yang melakukan go public adalah :
PT. Indofood, perusahaan yang memproduksi mi instan dan pengolahan gandum menjadi tepung terigu ini sudah lama meyakini pengembangan organisasi dalam bentuk go public. Dan hasilnya perusahaan ini berhasil melakukan go public dengan baik.


KESIMPULAN :
Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Diantaranya adalah dengan melakukan pengembangan perusahaan ataupun melakukan kerja sama antar perusahaan lain. Holding Company, Joint Venture dan Go Public tidaklah buruk dilakukan oleh suatu perusahaan. Tinggal bagaimana perusahaan tersebut membuat perjanjian agar pengembangan atau kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar