sprinkle

Selasa, 11 Desember 2012

Mencari dan Memperbaiki Kesalahan Penggunaan EYD pada Sebuah Artikel



Unik! 'Perkawinan' Gadget Jadul & Moderen

Jakarta - Anak-anak zaman sekarang mungkin lebih mengenal tablet PC ketimbang mesin tik. Lantas, bagaimana jika perangkat jadul tersebut dilahirkan kembali, namun setelah 'dikawinkan' dengan gadget moderen.

Tentu ini akan menjadi sesuatu yang unik dan menarik. Nah, inilah yang dilakukan sebagian orang untuk menciptakan perangkat tersebut untuk membangkitkan kembali memori masa lalunya.

Anda pasti tak pernah berpikir untuk mengetik di iPad dengan mesin tik. Begitu pula dengan memainkan game di tablet PC tetapi memakai joy stick jadul ala Atari?

Itulah beberapa perangkat hasil 'perkawinan' perangkat jadul dan gadget modern ini. Seperti apa detailnya? Berikut seperti dilansir Business Insider, Selasa (11/12/2012).

1. iTypewriter

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, pasti sudah banyak perusahaan yang tak lagi menggunakan mesin tik. Padahal dulu, perangkat yang muncul sejak tahun 1860-an ini bak menjadi peralatan wajib yang ada di perkantoran. Namun sekarang, mesin tik sepertinya sudah harus 'pensiun' karena termakan zaman.

Nah, bagi mereka yang ingin bernostalgia dengan mesin tik namun dengan kemasan moderen, dihadirkan lah iTypewriter.

Sekilas, iTypewriter memiliki desain layaknya mesin tik jadul. Ia dilengkapi dengan sederet tombol yang mewakili masing-masing huruf.

Namun untuk tangkai outputnya, iTypewriter tidak menggunakan pita dan tinta. Namun lebih dilapisi material ramah bagi layar iPad yang menjadi sasaran ketiknya. Oh ya, alat ini tak lupa juga bakal mengeluarkan suara khas mesin tik, pletak pletok..

2. iCade

Sebelum konsol menjamur seperti saat ini, para penggila game lebih mengenal mesin arcade atau di Indonesia lebih akrab dengan sebutan ding-dong.

Ya, memang mesin arcade masih bisa ditemui di taman bermain moderen seperti Timezone. Namun sepertinya harga sewanya sudah jauh lebih mahal, dan jauh dari kesan jadul.

Untuk itulah seseorang menciptakan iCade. Sebelumnya, iCade tak lebih dari sekadar candaan April Mop. Namun lantaran banyak permintaan setelah kejadian itu, iCade pun diwujudkan menjadi kenyataan.

Ingin memilikinya? iCade yang bisa dikombinasikan dengan iPad ini dijual mulai USD 69 hingga USD 99 oleh ThinkGeek.

3. PopPhone

Satu lagi hasil perkawinan perangkat retro dengan gadget moderen. Ia adalah PopPhone.

Memang, PopPhone tak dikembangkan dengan teknologi yang ribet. Hanya gagang telepon jadul dan kabel untuk tersambung ke smartphone seperti iPhone.

Namun awal kehadirannya adalah untuk memudahkan pengguna saat melakukan atau menerima panggilan telepon. Alat ini dijual dengan harga USD 29 di Native Phone.


Kata yang salah pada artikel
Kata yang sudah diperbaiki
Jadul
Zaman dahulu; masa lampau
Dikawinkan, Perkawinan
Disatukan
Moderen
Modern
Tak
Tidak
Tablet PC
Komputer pribadi portable yang dilengkapi dengan layar sentuh
Gadget
Alat komunikasi
Dulu
Dahulu
Bak
Seperti
Termakan zaman
Sudah lama
Oh ya
Oh iya
Bakal
Akan
Menjamur
Banyak digunakan
Penggila game
Orang yang sangat meyukai game/permainan
Sekadar candaan
Hanya sebuah lelucon
Lantaran
Karena
Ribet
Sulit; Susah
Dilansir
Dikabarkan

Demikianlah analisa kesalahan penggunaan EYD yang telah saya buat untuk artikel diatas. Jika analisa saya kurang tepat atau terdapat kesalahan, saya mohon maaf.
Terima Kasih ..

Sumber : http://inet.detik.com/read/2012/12/11/131413/2115209/317/unik-perkawinan-gadget-jadul-moderen

1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya dikasih link UG, seperti:
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill.

    Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    Link: http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak? Maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini:
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus