sprinkle

Senin, 07 Januari 2013

Perkembangan Budaya Bahasa Indonesia di Zaman Sekarang

Di zaman sekarang ini kalau membicarakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mungkin hanya sebagian orang yang masih setia menggunakannya. Hanya dalam rapat-rapat saja bahasa itu digunakan agar terlihat resmi dan sopan untuk yang mendengarkan. Namun di kalangan masyarakat, bahasa Indonesia yang baik dan benar saat ini sudah mulai tenggelam. Apalagi di kalangan remaja, seakan sudah mulai hilang karena jarang sekali terpakai. Sekarang ini bahasa Indonesia seperti sudah digantikan oleh bahasa gaul. Orang tua dan anak kecil saja sampai ikut trend bahasa gaul. Saya sering mendengar ibu-ibu atau bapak-bapak sering bicara "Ciyuss" (serius) dan "Miapah" (demi apa). Kata-kata itu seperti sudah menjadi trend di masyarakat dan jejaring sosial. Sampai saya pernah mendengar juga kalau ada yang membuat kamus untuk bahasa-bahasa gaul seperti itu. Hebat juga ya mereka bisa mengetahui apa saja bahasa-bahasa gaul yang sedang trend. Saya saja tidak begitu "menyimak" tentang bahasa-bahasa gaul yang sedang marak dibicarakan.

Bahasa merupakan identitas suatu bangsa. Di setiap negara pasti mempunyai bahasa nasionalnya sendiri. Seperti Indonesia yang mempunyai bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia. Selain bahasa nasional juga terdapat bahasa daerah. Bahasa daerah di Indonesia saja mencapai kurang lebih 1000 bahasa. Namun sudah banyak yang punah karena ditinggalkan. Mungkin masyarakat lebih sering menggunakan bahasa nasional ataupun malah sering menggunakan bahasa gaul. Saya saja kalau pulang ke kampung halaman hanya bisa mengerti sedikit apa yang mereka bicarakan. Dan hanya bisa sedikit juga membalas percakapan mereka dengan bahasa daerah. Karena saya terlalu sering menggunakan bahasa keseharian di Jakarta. Jadi agak sedikit susah untuk melafalkannya lagi. Seharusnya bahasa daerah jangan ditinggalkan begitu saja karena itu juga merupakan identitas dari daerah kalian masing-masing. Betul tidak ??

Di saat seperti ini mungkin bahasa Indonesia yang baik dan benar memang sudah mulai ditinggalkan. Untuk itu bagi kaum remaja dan para orangtua seharusnya lebih bisa melestarikan bahasa yang menjadi identitas bangsa ini. Caranya yaitu sering-seringlah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Agar bahasa Indonesia yang sebagai penyatu bangsa ini tidak punah termakan zaman.
Mulai sekarang ayo kita lestarikan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar suatu saat nanti Bahasa Indonesia yang menjadi kebanggaan kita tidak punah dan bisa menjadi Bahasa Internasional. Amin :)


Sekian tulisan dari saya. Jika ada kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar